Selasa, 27 Februari 2018

PENYAKIT HIPERTENSI (DARAH TINGGI)



PENYAKIT HIPERTENSI (DARAH TINGGI)
Penyakit hipertensi atau yang sering disebut dengan darah tinggi adalah penyakit yang banyak dialami oleh sebagian orang terutama pada orang-orang yang lansia atau lanjut usia. Hipertensi ialah penyakit yang bisa dialami oleh siapa pun, penderita hipertensi ditandai dengan tekanan darah yang terlalu tinggi, atau melampaui batas normal. hipertensi dialami oleh siapa pun, terutama yang kurang baik dalam menjaga kesehatan tubuhnya sampai tekanan darah yang di miliki berlebihan dan selalu tidak stabil. Hipertensi termasuk dalam jenis penyakit yang berbahaya atau kronis, sebab penyakit ini mengancam nyawa bisa menyebabkan serangan jantung sewaktu waktu.
Penyakit ini menimbulkan gejala hipertensi yang sering dialami oleh penderitanya, jika anda mengalami beberapa gejala hipertensi sebaiknya anda langsung melakukan tensi darah untuk mengetahui tekanan darah di tubuh anda, jika tekanan darah anda melebihi batas normal berarti anda mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi.
Jika dibiarkan penyakit darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan seseorang terkena stroke bahkan bisa menyebabkan resiko kematian. Kebanyakan satu dari lima orang mengalami penyakit hipertensi, bukan hanya penduduk indonesia yang banyak mengalami penyakit ini tetapi di negara-negara maju banyak penduduknya yang mengalami penyakit darah tinggi.
Bagi orang yang mengalami penyakit hipertensi tentu mempunyai pantangan-pantangan dalam berbagai hal seperti dalam makanan, orang yang mempunyai darah tinggi tidak boleh mengkomsumsi daging kambing karena daging kambing bisa membuat tekanan darah menjadi naik drastis.
Description: Gejala Hipertensi

A.    Macam-Macam Gejala Hipertensi Adalah
·         Biasanya orang yang menderita hipertensi akan mengalami sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akibat tekanan darahnya naik melebihi batas normal.
·         Wajah akan menjadi kemerahan.
·         Pada sebagian orang akan mengalami detak jantung yang berdebar-debar.
·         Orang yang mengalami darah tinggi akan mengalami gejala hipertensi seperti pandangan mata menjadi kabur atau menjadi tidak jelas.
·         Sering buang air kecil dan sulit berkonsentrasi.
·         Sering mudah kelelahan saat melakukan berbagai aktivitas.
·         Sering terjadi pendarah di hidung atau mimisan.
·         Gejala hipertensi yang parah bisa menyebabkan seseorang mengalami vertigo.
·         Orang yang mempunyai darah tinggi biasanya akan sensitif dan mudah marah terhadap hal-hal yang tidak dia sukai.
Beberapa gejala diatas adalah gejala hipertensi yang umum dialami oleh penderita darah tinggi, jika anda mengalami gejala hipertensi tersebut sebaiknya anda langsung pergi ke dokter untuk melakukan tensi darah.

B.     Faktor Penyebab Seseorang Terkena Hipertensi
1.      Faktor Usia
Tidak bisa dipungkiri faktor usia merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit darah tinggi, semakin bertambahnya usia seseorang akan mengurangi elastisitas pembuluh darah sehingga tekanan darah didalam tubuh orang yang sudah lanjut usia akan mengalami kenaikan dan bisa melebihi batas normalnya.
2.      Faktor Keturunan
Orang tua yang mempunyai penyakit darah tinggi atau hipertensi ada kemungkinan bisa menurunkan kepada anaknya, jadi jika orang tua anda mengalami sakit darah tinggi sebaiknya anda selalu waspada karena anda juga bisa terkena penyakit tersebut.
3.      Faktor Jenis Kelamin
Para peneliti berpendapat bahwa pria yang berusia 45 tahun lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi dibandingkan wanita, sedangkan wanita yang berusia diatas 65 tahun lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi.
4.      Faktor Olahraga
Orang yang tidak pernah melakukan berbagai olahraga akan lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi, gaya hidup yang tidak sehat karena tidak pernah melakukan olahraga akan menyebabkan jantung menjadi tidak sehat jika jantung tidak sehat secara otomatis jantung tidak bisa memompa darah dan akan mengakibatkan aliran darah didalam tubuh menjadi tidak lancar.
5.      Pola Makan
Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab orang terkena penyakit darah tinggi, jika seseorang sering sekali mengkomsumsi makanan-makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi dia akan berisiko terkena penyakit hipertensi. Makanan yang berlemak tinggi akan membuat penyumbatan di pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menjadi naik dan menyebabkan penyakit hipertensi.
6.      Minum Alkohol
Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, jika anda yang sering mengkomsumsi minuman beralkohol sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan buruk anda bahkan anda harus menghentikannya. Minuman beralkohol akan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah , trigliserida adalah kolesterol yang jahat yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik secara drastis.
7.      Stres
faktor yang lainnya adalah stres, orang yang sering mengalami stres biasanya tekanan darahnya akan menjadi naik. Jika orang sedang stres hormon adrenalinnya akan menjadi meningkat lebih jauh sehingga akan menyebabkan tekanan darah didalam tubuh menjadi naik. Maka dari itu anda harus sering melakukan refresing untuk menyegarkan otak anda agar tidak mengalami stres yang berlarut-larut.
Beberapa faktor diatas bisa menyebabkan seseorang tekenan penyakit darah tinggi, jangan melakukan berbagai faktor diatas jika anda tidak ingin mengalami penyakit hipertensi. Lakukanlah pola hidup yang sehat agar anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat sampai usia lanjut.
Hipertensi termasuk penyakit yang mengancam nyawa sebab penyakit hipertensi tidak bisa diketahui dengan cepat. untuk mengetahui penyakit hipertensi perlu mengukur tekanan darah, sebab jika gejala hipertensi tidak terlalu menonjol. Jika angka tekanan darah melebih batas normal yaitu diatas 120/80 mm hg, bahkan bisa mencapai 160/100 bahkan lebih sudah termasuk sangat tinggi, atau menandakan jika jantung terlalu berlebihan untuk memompa darah dan efeknya akan membahayakan kesehatan jantung, dan juga membahayakan kesehatan bagian tubuh lainnya. jantung selalu di paksa memompa darah terus menerus bisa menyebabkan otot jantung lemah juga, sehingga nantinya akan menyebabkan penurunan kinerja jantung yang efeknya tidak lebih buruk lagi bagi kesehatan tubuh.













C.    Gejala Hipertensi Kambuh
Penyakit hipertensi bisa kambuh, jadi jika pernah mengalami peningkatan tekanan darah yang sangat tinggi, lalu menurunkan tekanan darah bisa kambuh lagi atau meningkat lagi tekanan darah jika tidak di jaga dengan baik. ada perubahan pada tubuh yang bisa di perhatikan apabila menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang merupakan gejala hipertensi kambuh. biasanya gejala hipertensi kambuh dialami pada saat tekanan darah sangat tinggi. di bawah ini beberapa gejala hipertensi kambuh:
a.      Sakit kepala, gejala hipertensi kambuh atau di saat tekanan darah sangat tinggi bisa menyebabkan sakit kepala. di saat jantung memompa darah secara berlebihan karena disebabkan darah tidak mengalir dengan baik ke seluruh tubuh termasuk ke kepala maka efek yang akan terjadi ialah sakit kepala. sakit kepala bisa menandakan jika otak tidak mendapatkan cukup darah dan juga oksigen sebab ada masalah di pembuluh darah yang mengakibatkan darah tidak mengalir dengan baik, sehingga jika masih berlangsung lama bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan.
b.      Mimisan, gejala hipertensi kambuh selain dengan munculnya sakit kepala juga bisa menyebabkan mimisan. Mimisan atau keluarnya darah dari dalam hidung dikarenakan tekanan pada pembuluh darah terlalu besar sehingga efeknya bisa mengakibatkan mimisan. Karena itu apabila sering mimisan bisa memeriksa tekanan darah agar mengetahui apakah mengalami tekanan darah tinggi atau tidak. yang paling buruk dari hipertensi jika sampai mengalami pecah pembuluh darah yang akan menyebabkan penyakit stroke.
c.       Sesak napas, peredaran darah tidak lancar karena ada hambatan untuk darah mengalir di pembuluh darah memicu jantung memompa darah semakin keras, dan efeknya akan menyebabkan peningkatan tekanan darah atau hipertensi. Dan yang tidak mendapatkan cukup aliran darah tidak hanya otak tetapi paru paru juga sehingga gejala hipertensi kambuh bisa terjadi sesak napas.
d.      Gangguan penglihatan, gejala hipertensi kambuh lainnya ialah dengan adanya gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan yang bisa buram atau ganda akibat dari tekanan darah yang sudah melampaui batas atau terlalu tinggi.

a)      Pandangan buram
Jika kita melihat sesuatu apapun, namun benda atau apa saja yang di lihat tidak jelas atau kabur, berarti mata anda mengalami masalah dan harus segera di tindak lanjuti dan jangan di biarkan begitu saja yang akan membuat penyakit ini semakin memburuk keadaannya.
b)      Sesak nafas
Gejala hipertensi pada wanita adalah sesak nafas. Gejala ini termasuk tanda atau ciri yang cukup serius yang wajib diobati dengan cepat, karena jika tidak akan memicu terjadinya penyakit lainnya. Obat sesak nafas ini dapat kita obati dengan berbagai macam cara. Ada yang menggunakan bahan alami dan ada juga yang memakai obat medis. Tapi sering kali persesakan nafas ini akan kumat dengan cara tiba tiba, yang langsung kalian atasi dengan menggunakan inhaler yang berguna untuk pengobatan ini. bawalah alat ini kemana pun kalian pergi, karena kita tidak mengetahui, kapan gejala ini akan muncul.



c)      Pusing kepala
Tidak berbahaya bila mengalami pusing di daerah kepala, tapi bisa bahaya apabila rasa pusing yang terus menerus terjadi. kita tidak boleh menyepelekan hal terkecil apapun, yang jika kalian bersikap seperti itu, akan memperburuk keadaan penyakit yang di alaminya. gejala hipertensi pada wanita adalah terjadinya kepala yang pusing. Dapat di obati dengan beraneka ragam cara. Tapi jika belum parah, lakukan istirahat saja, karena jika meminum obat yang terlalu sering pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. istirahat dilakukan sebanyak 7 jam dalam perharinya.
d)     Mual
Mual yang otomatis terjadi di perut akan membuat makanan atau minuman tidak bisa di cerna oleh tubuh. sehingga tubuh mengalami kelemasan seperti kekurangan cairan atau ion. Semua orang pasti pernah terjadi hal seperti ini dan ada beberapa penyakit yang terjadi dan memicu rasa mual. Dan bisa mengobatinya dengan hanya meminum air hangat saja. karena itu merupakan pengobatan yang cukup praktis dan tidak ada efek yang di keluarkan.
e)      Hidung berdarah
Pendarahan di bagian hidung atau sebut saja dengan mimisan merupakan penyakit yang salah satunya di akibatkan oleh kecapean karena kebanyakan kegiatan atau aktivitas yang di jalani. Kita tidak boleh membiarkan, bila hal ini terjadi karena akan membuat kita banyak kehilangan darah.
f)       Sakit kepala
Gejala hipertensi pada wanita adalah mengalami sakit kepala. Rasa sakit yang tadinya biasa, dapat menjadi luar biasanya karena sikap kita yang terlalu menyepelekannya. sakit vertigo yang tingkatannya lebih besar akan terjadi.

E.     Penyebab Hipertensi
1)      Obesitas
Kegemukan atau obesitas sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. orang yang menderita obesitas akan mudanya menyerang dan berbagai macam jenis penyakit yang dapat terjadi misalnya pada penyakit hipertensi. Hal yang dapat terjadi karena para penderita yang mengalami kegemukan pada seluruh organ tubuh akan bekerja lebih keras. Jantung yang akan bekerja untuk berfungsi mengalirkan darah keseluruh tubuh. Yang akan mengakibatkan terjadinya gejala hipertensi.
2)      Genetik
Apabila pada kedua orang tua anda mengalami hipertensi, maka dengan kemungkinan besar anda juga lebih berisiko terkena serangan hipertensi. Hal ini yang terjadi karena pada sel telur yang kembar.
3)      Konsumsi garam
Konsumsi garam yang berlebihan dapat menimbulkan penyebab hipertensi, badan kesehatan dunia menganjurkan kita untuk selalu mengkonsumsi garam kurang dari dari 6 gram dalam setiap harinya.








F.     Cara Mencegah Hipertensi
·         Pola hidup sehat
Dengan memilih makanan yang baik, makanan yang sehat dam bergizi serta dalam mengurangi garam. Kurangi asupan makanan yang banyak mengandung garam pada makanan anda. jika anda sudah menderita gejala hipertensi sebaiknya anda hindari makanan yang banyak mengandung garam. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, kalsium dan magnesium. Dengan mengkonsumsi yang mengandung makanan yang sehat maka akan mudahnya gejala hipertensi dapat diatasi.
·         Kurangi garam
Selain beberapa cara yang dapat mengontrolkan dari gejala hipertensi. pengurangan kecil pada sodium dalam diet juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 8 mmHg. Bila Anda tidak merasa seperti Anda dapat secara drastis mengurangi kandungan garam dalam diet, maka Anda dapat menguranginya secara bertahap.
·         Berhenti merokok
Merokok memang sangat melukai pada pembuluh darah dan mempercepat pada proses pengerasan pembuluh darah, berhenti merokok merupakan salah satu dari adanya upaya untuk mengubah gaya hidup sehat dan melakukan pencegahan gejala hipertensi.
·         Olahraga
Dengan Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.

·         Pusing kepala
Jika memiliki tekanan darah yang tinggi maka kepala akan lebih sering merasakan sakit dan juga pusing. Pusing kepala juga akan dialami oleh penyakit lain nya maka dari itu tidak akan terlalu terlihat jelas jika pusing kepala yang sering dialami di sebabkan oleh ada nya tekanan darah yang tinggi
·         Mimisan
Mimisan secara tiba tiba tanpa ada nya cedera atau kelainan pada hidung juga dapat menjadi gejala penyakit hipertensi juga, oleh karena itu mimisan jika berlangsung cukup sering bukanlah gangguan kesehatan yang ringan, harus di periksakan kesehatan nya di rumah sakit.
·         Mual 
Mual merupakan suatu kondisi dimana isi yang ada di dalam lambung keluar kembali atau naik, dan ada pemicu yang menyebabkan nya. pemicu dari mual dan muntah selain di sebabkan oleh asam lambung juga bisa terjadi karena di sebabkan oleh gejala hipertensi pada remaja
·         Jantung berdebar cepat
Gejala hipertensi pada remaja pun dapat dialami dan di rasakan dengan detak jantung yang lebih cepat dan lebih kencang karena jantung yang selalu memompa darah ketika mengalami hipertensi tekanan darah tinggi akibat penyakit darah tinggi. Untuk mengetahui penyakit darah tinggi memang sangat sulit, maka dari itu pemeriksaan kesehatan untuk selalu mengetahui tekanan darah harus di lakukan agar bisa mengetahui kondisi penyakit sejak dini. Minuman berkafein jika di minum terlalu banyak atau pun terlalu sering maka bisa menyebabkan penyakit darah tinggi terjadi juga oleh sebab itu cukup banyak orang memiliki penyakit darah tinggi di dalam tubuh nya akibat tidak menjaga kesehatan nya dengan baik. penyakit darah tinggi bisa lebih cepat terjadi juga, jika jarang olahraga atau pun jarang gerak.

Penyakit Hipertensi sulit di sadari oleh seseorang karena hipertensi tidak memiliki gejala yang khusus. Gejala yang mudah di amati antara lain, yaitu :
·         Mimisan keluar darah dari hidung
·         Rasa berat di tengkuk
·         Telingan berdengung
·         Wajah merah
·         Sering gelisah
·         Gejala ringan seperti pusing atau sakit kepala
·         Tengkuk terasa pegal
·         Sukar tidur
·         Sesak nafas
·         Mata berkunang kunang
·         Seringnya buang air kecil
Gejala Hipertensi pada semua usia dapat di ketahui dengan mengukur tekanan darah secara teratur. Penderita hipertensi apabila tidak di tangani dengan baik akan mempunyai resiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan gagal ginjal, kerusakan atau bahaya akibat Hipertensi antara lain :
1.      Ginjal : Akan menyebabkan penyakit gagal ginjal kronik, gagal ginjal terminal.
2.      Otak : Pada otak akan menyebabkan penyakit stroke
3.      Jantung : Pada jantung akan menyebabkan penyakit koroner (termasuk infark kantung), gagal jantung.
4.      Mata : Pada mata akan menyebabkan retinopati hipertensi dan dapat menimbulkan kebutaan.
I.       Cara Mengatasi dari Gejala Hipertensi Pada Semua Usia
Faktor dominan yang menyebabkan hipertensi adalah pada pola makan dan aktivitas tubuh, yang akibatnya dua hal seiring bertambahnya usia semakin meningkatkan resiko kemunculan penyakit. pengendali Hipertensi antara lain, yaitu :
1.      Memperbaiki gaya hidup yang kurang sehat. Dan penting melakukan olahraga seperti senam aerobik atau jalan cepat sekitar 30 menit sebanyak beberapa kali dalam sepekan.
2.      Menghindari stress dan buatlah suasana yang menenangkan dan lakukan relaksasi secara rutin pada tiap harinya. Hal yang penting untuk memberikan efek ketenangan yang dapat mengontrol sistem syaraf sehingga dapat menurunkan tekanan darah.
3.      Tahihan fisik secara teratur.
4.      Berhenti merokok dan alkohol
5.      Diet rendah garam, kolesterol, dan lemak jenuh. Mengurangi asupan garam ke dalam tubuh. Harus memperhatikan kebiasaan makan bagi penderita hipertensi.
J.      Melakukan Pencegah dari Gejala Hipertensi pada semua Usia
Prinsip utama dalam melakukanl pola makan sehat adalah gizi seimbang, di mana mengkonsumsi beragam makanan yang seimbang, yaitu :
1.      Sumber vitamin dan mineral : sayuran dan buah buahan segar.
2.      Sumber karbohidrat : biji-bijian
3.      Sumber protein hewani : unggas, ikan, daging putih, putih telur, susu rendah/bebas lemak.
4.      Sumber protein nabati : kacang-kacangan dan kacang polongan yang serta hasil olahannya.
Pola makan sehat bertujuan  untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal, sehingga dianjurkan untuk menyeimbangkan asuoan kalori dengan kebutuhan energi total dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi atau makanan yang kandungan gula dan tinggi lemak. Dan melakukan aktifitas fisik yang cukup mencapai kebugaran jamani yang baik.
K.    Obat Hipertensi
Gejala hipertensi walaupun termasuk ringan tetapi cukup menganggu juga jika terjadi terus menerus oleh sebab itu sebaik nya penyakit hipertensi di atasi agar cepat di sembuhkan. Penyakit hipertensi dapat diatasi dengan menggunakan obat hipertensi, karena obat hipertensi akan membantu mengatasi dan mengurangi gejala hipertensi. Selain itu juga obat hipertensi akan membantu menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab darah tinggi hipertensi. Jika ingin mengobati penyakit hipertensi maka dapat menggunakan obat hipertensi yang alami. dan berikut bahan alami yang bisa di gunakan untuk menjadi obat hipertensi :
·         Buah belimbing
Belimbing manis bisa di gunakan untuk menjadi obat hipertensi yang alami. karena kandungan yang di miliki oleh buah belimbing manis bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah yang menyebabkan hipertensi. Oleh sebab itu jika ingin sembuh dari penyakit hipertensi sebaik nya mengkonsumsi buah belimbing
·         Daun seledri
Cara menyembuhkan hipertensi yang aman dengan menggunakan bahan alami, dan salah satu bahan alami yang bisa di gunakan untuk menjadi obat hipertensi dan mengatasi gejala hipertensi daun seledri. Daun seledri juga bisa dengan cepat untuk menurunkan tekanan darah oleh sebab itu daun seledri salah satu obat hipertensi yang alami.
·         Cuka apel
Cuka apel bahan alami yang cukup mudah untuk ditemukan dan manfaat nya pun begitu banyak untuk kesehatan. Karena itu pada saat hipertensi pun bisa menggunakan cuka apel sebagai obat hipertensi. Cuka apel yang di konsumsi dengan air mineral dengan meneteskan cuka apel ke dalam nya akan menurunkan tekanan darah tinggi.


·         Daun alpukat
Obat hipertensi alami lain nya dari daun alpukat yang di rebus, hasil air dari daun alpukat rebus bisa menyembuhkan penyakit hipertensi.

L.     Penyebab Sakit Darah Tinggi
·         Sering komsumsi makanan yang mempunyai kadar garam terlalu tinggi.
·         Jarang melakukan olahraga fisik.
·         Sering makan gorengan.
·         Sering komsumsi makanan siap saji.
·         Jarang minum air putih.
·         Sering merokok.
·         Minum alkohol dan minuman soda secara rutin.
·         Mempunyai riwayat turunan dari keluarga.
·         Bertambahnya usia seseorang.
·         Sering melewatkan sarapan.
·         Waktu makan yang tidak teratur.
M.   Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi Atau Hipertensi :
·         Lakukan olahraga secara teratur minimal tiga kali dalam satu minggu.
·         Komsumsi sayuran hijau yang berserat tinggi.
·         Komsumsi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin.
·         Kurangi asupan garam didalam tubuh.
·         Minum air putih yang cukup minimal 8 gelas perhari.
·         Istirahat yang cukup dan hindari berdagang.
·         Hindari minuman soda dan alkohol.
·         Hindari untuk merokok.
·         Hindari stres yang berlebihan.
·         Komsumsi makanan yang di masak sendiri.
·         Hindari makanan siap saji dan makanan yang banyak mengandung lemak.

·         Sering merasa sakit kepala atau pusing.
·         Penderita bisa mengalami pendarahan di hidung.
·         Mengalami rasa mual dan muntah.
·         Sering merasa mati rasa atau kesemutan di bagian tangan dan kaki terutama pada jari-jari.
·         Sering mengalami gangguan mata seperti pandangan mata yang menjadi kurang jelas.
·         Sering merasa mengantuk.
·         Menjadi sensitif dan mudah sekali untuk marah. Cepat merasa lelah atau cape
Beberapa gejala hipertensi pada lansia tersebut merupakan gejala yang banyak di alami oleh penderita hipertensi. Gejala-gejala diatas sering muncul dan terjadi saat penderitanya mengalami emosi yang tinggi, bahkan bila penderitanya tidak bisa mengontrol dirinya penderita bisa terkena serangan stroke atau serangan jantung




O.    ciri-ciri dari hipertensi
1.      Adanya resistensi insulin
Resistensi insulin adalah salah satu ciri dari tekanan darah tinggi. Pada sebuah studi di tahun 2004 yang dilakukan oleh Muhammad F. Saad dari sebuah terbitan dalam Jurnal Hipertensi, resistensi insulin atau tingkat insulin yang tidak normal terjadi peningkatan di dalam darah yang kemudian dikaitkan oleh hipertensi, yang sebenarnya resistensi insulin ini terjadi pada penyakit diabetes.
Para ahli mencatat bahwa resistensi insulin atau insulinemia ini memiliki kaitan yang erat dengan ciri-ciri tekanan darah tinggi atau darah ada mereka yang memiliki penyakit diabetes mellitus tipe 2. Hal ini dilatar bekalangi oleh glukosa yang diubah dan mengalami peningkatan pada plasma insulin yang menghasilkan efek negatif pada dinding pembuluh darah.
2.      Pembesaran ventrikel kiri
Ventrikel kiri yakni ruang jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke jaringan tubuh yang membesar merupakan ciri-ciri darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah yang meningkat memaksa kerja jantung lebih keras dan cepat dari biasanya untuk memompa darah keseluruh tubuh. Selain itu terjadi dorongan darah melalui pembuluh darah yang menyempit atau terjadi hambatan yang signifikan yang menyebabkan ventrikel kiri jantung untuk memperbesar atau kaku, kondisi ini disebut hipertrofi ventrikel kiri. Jika ciri ciri darah tinggi berupa hipertrofi ventrikel kiri terjadi, maka membatasi kemampuan ventrikel memompa darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung dan kematian jantung mendadak.
3.      Penurunan fungsi arteri
Terjadinya penurunan fungsi arteri atau perubahan dalam struktur pembuluh darah merupakan ciri-ciri darah tinggi. Hal inilah yang membuat tekanan darah tinggi ini sulit terdeteksi. Untuk mengetahui tekanan darah tinggi dibutuhkan pemeriksaan oleh tenaga medis. Ciri-ciri tekanan darah tinggi yang sulit terdeteksi ini disebut dengan arteriosklerosis.
Adapun klasifikasi dari tekanan darah tinggi pada orang dewasa adalah :
Description: http://gejalahipertensi.com/wp-content/uploads/2012/03/klasifikasi-tekanan-darah-orang-dewasa.jpg
Hipertensi ringan atau sedang umumnya tidak menimbulkan gejala yang terlihat. Gejala hipertensi akan timbul dan terlihat apabila tekanan darah tinggi dirasakan semakin berat atau pada suatu keadaan yang krisis dari tekanan darah itu sendiri.


TUGAS DASAR-DASAR ANTROPOLOGI

PENYAKIT HIPERTENSI (DARAH TINGGI)

Description: FB_IMG_1483444469109.jpg

DISUSUN OLEH :

WAHYUNI USMAN            NIM : 1613201010


DOSEN PEMBIMBING : NS.RIANI,S.KEP,M.KES




PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS PAHLAWAN
 TUANKU TAMBUSAI


1 komentar:

  1. Artikelnya bagus banget dan sangat menarik terima kasih info nya sanga bermanfaat sekali dan sangat baik artikelnya.


    http://obatdarahtinggi.my.id/

    BalasHapus

ASPEK ETIK DAN HUKUM BAYI TABUNG DAN INSEMINASI

MAKALAH ETIKA DAN HUKUM KESEHATAN ASPEK ETIK DAN HUKUM BAYI TABUNG DAN INSEMINASI DISUSUN OLEH : NAMA                   ...